The Largest 8 Community

SMAN 8 Jakarta Forum, Don't Forget To Check Our Chatbox & Portal


    Misteri Punahnya Dinosaurus

    Share

    Lazzue faggers
    Moderator
    Moderator

    Posts : 483
    Reputation : 8
    Angkatan : 2010
    Subsi : Pramuka & Rohis

    Misteri Punahnya Dinosaurus

    Post by Lazzue faggers on Fri Mar 05, 2010 7:12 pm

    Sebuah asteroid besar yang jatuh ke bumi menjadi penyebab utama kematian dinosaurus. Pernyataan itu diungkapkan para ilmuwan dalam sebuah panel yang diikuti 41 pakar dari seluruh dunia. Dalam pertemuan itu disepakati bahwa terjadi kepunahan massal lebih dari setengah dari semua spesies di planet ini, termasuk dinosaurus dan beberapa reptil laut besar.

    Spoiler:


    Mereka menyimpulkan dampak yang terjadi sekitar 65 juta tahun yang lalu, telah membersihkan jalan bagi mamalia untuk menjadi spesies dominan di bumi. Sebuah asteorid sebesar 15 kilometer diyakini telah menghantam planet bumi dengan kekuatan satu miliar lebih kuat daripada bom atom di Hiroshima.

    Ini mengakibatkan kawah yang dikenal sebagai kawah Chicxulub yang terkubur di bawah Semenanjung Yucatan. Asteroid –yang besarnya hampir 15 kali lapangan sepak bola– meledak dan jatuh dengan kecepatan tinggi saat masuk ke atmosfir.



    Spoiler:







    Dalam kajian itu diyakini, peristiwa itu memicu rangkaian peristiwa yang menyebabkan musim dingin global dan memusnahkan sebagian besar kehidupan di bumi hanya dalam hitungan hari.

    Para ilmuwan sebelumnya telah berdebat tentang apakah yang disebut kepunahan Cretaceous-Tersier (KT) yang disebabkan oleh asteroid atau oleh aktivitas gunung berapi di India lebih dari 1,5 juta tahun. Untuk studi baru, para ilmuwan menganalisis 20 tahun kerja oleh palaeontolog, geochemists, iklim modellers, Geophysicists dan sedimentologists.



    Spoiler:



    Mereka menyimpulkan bahwa catatan geologi menunjukkan peristiwa yang memicu kepunahan menghancurkan ekosistem laut dan tanah dengan cepat, adalah dampak dari sebuah asteroid. Ini menjadi satu-satunya penjelasan yang masuk akal.

    Dr Joanna Morgan, dari Imperial College London, mengatakan: "Kami sekarang memiliki keyakinan besar bahwa sebuah asteroid adalah penyebab kepunahan KT. Ini terselubung dalam kegelapan bumi dan menyebabkan musim dingin global, membunuh banyak spesies yang tidak bisa beradaptasi dengan lingkungan neraka ini."

    Penulis lainnya Dr Gareth Collins, juga dari Imperial College, menambahkan bahwa ledakan batu panas dan gas tampak seperti bola api raksasa di cakrawala, memanggang makhluk hidup di sekitarnya secara langsung tanpa sempat menemukan tempat berlindung.

    "Ironisnya, sementara neraka ini menandai akhir 160-juta-tahun dinosaurus, ternyata menjadi hari besar bagi mamalia, yang telah hidup dalam bayang-bayang dinosaurus sebelum ini. Kepunahan KT adalah momen penting dalam sejarah bumi, yang akhirnya membuka jalan bagi manusia untuk menjadi spesies dominan di Bumi."

    SOMAD IS OK


    Sumber :
    SKYNEWS / Nur Haryanto - www.tempointeraktif.com

    Afi
    Administrator
    Administrator

    Posts : 402
    Reputation : 11
    Angkatan : 2010
    Subsi : OR

    Re: Misteri Punahnya Dinosaurus

    Post by Afi on Fri Mar 05, 2010 7:19 pm

    nice trit jang, +rep deh Rock

    btw kok mamalia2nya ga mati ya kena asteroidnya?

    Fandy Abdurrachman
    Delapan Addict
    Delapan Addict

    Posts : 137
    Reputation : 5
    Angkatan : 2010

    Re: Misteri Punahnya Dinosaurus

    Post by Fandy Abdurrachman on Fri Mar 05, 2010 7:24 pm

    emangnya ada buktinya ya zu kalo bumi pernah ditabrak asteroid?

    Lazzue faggers
    Moderator
    Moderator

    Posts : 483
    Reputation : 8
    Angkatan : 2010
    Subsi : Pramuka & Rohis

    Re: Misteri Punahnya Dinosaurus

    Post by Lazzue faggers on Fri Mar 05, 2010 7:32 pm

    sebenernya beberapa dari dinosaurus adalah mamalia juga (seperti maiasaurus), sekaligus reptil. nah asteroid ini telah menghancurkan sekitar 50% lebih dari populasi makhluk hidup dunia, artinya tidak pandang bulu apakah dia reptil atau mamalia atau yang lainnya. namun, kita juga harus inget piramida rantai makanan yang menempati puncak memiliki jumlah yang paling sedikit dari pada trofi tingkat dibawahnya, artinya populasi mereka lebih beresiko untuk punah..dalam hal ini puncak trofi adalah dinosaurus pada masa itu

    ngerti ga jang maksud gue?

    maap yak kalo salah

    Lazzue faggers
    Moderator
    Moderator

    Posts : 483
    Reputation : 8
    Angkatan : 2010
    Subsi : Pramuka & Rohis

    Re: Misteri Punahnya Dinosaurus

    Post by Lazzue faggers on Fri Mar 05, 2010 7:37 pm

    Fandy Abdurrachman wrote:emangnya ada buktinya ya zu kalo bumi pernah ditabrak asteroid?

    Barringer, Arizona, USA

    49.000 tahun lalu batu bintang ukurannya 150 kaki dan berat ± 300.000 ton mengandung nikel dan besi dengan kecepatan 40.000 mil/jam menabrak bumi, hasil dari tabrakan meteor ini dapat dilihat 55 km sebelah timur Flasgaff, Arizona USA dinamakan kawah Barringer. Kawah ini adalah kawah terbaik yang terawetkan hingga sekarang, kekuatan yang dihasilkannya sama dengan letupan TNT 20 juta ton.
    Hasilnya diameter 148 kaki (45 m) dengan kedalaman 175 m, ditemukan oleh Daniel Barringer pada tahun 1902 untuk pertambangan, sampai dengan hari ini kawah tersebut masih milik keluarga Barringer. Disebut juga Meteor Crater, Coon Butte dan Canyon Diablo.

    Chicxulub, Mexico

    Dikuburkan di bawah Semenanjung Yucatán di Meksiko, di dekat desa Chicxulub (yang berarti “ekor dari setan”), ini adalah kawah kuno dengan dampak yang paling besar dengan diameter 107 km. Tabrakan terjadi kira-kira 65 juta tahun yang lalu ketika sebuah komet atau asteroid seukuran sebuah kota kecil menghantam (setara dengan 100 teraton TNT) di bumi dan menyebabkan tsunami, gempa bumi dan letusan gunung berapi di seluruh dunia.

    Tuhan masih mengasihi umat-Nya walau perusakan di muka bumi ini masih terus terjadi. Bila Tuhan sudah murka, mungkin tabrakan tersebut dapat terjadi pada zaman manusia modern sekarang. Maka sebaiknya kita terus berusaha menjaga kelestarian bumi kita bersama ini.


    masih banyak lagi, diatas yang paling terkenal...

    damarreza
    Anak Delapan
    Anak Delapan

    Posts : 65
    Reputation : 0
    Angkatan : 2010
    Subsi : OR

    Re: Misteri Punahnya Dinosaurus

    Post by damarreza on Fri Mar 05, 2010 8:07 pm

    nice info jang. siapa tau ntar keluar pas usm ato simak ato uan haha

    Lazzue faggers
    Moderator
    Moderator

    Posts : 483
    Reputation : 8
    Angkatan : 2010
    Subsi : Pramuka & Rohis

    Re: Misteri Punahnya Dinosaurus

    Post by Lazzue faggers on Fri Mar 05, 2010 8:08 pm

    iye lumayan lah 1 soal (doang) hahaha

    astragoldie
    Delapan Geek
    Delapan Geek

    Posts : 275
    Reputation : 5
    Angkatan : 2010
    Subsi : Puapala + Pramuka

    Re: Misteri Punahnya Dinosaurus

    Post by astragoldie on Fri Mar 05, 2010 9:45 pm

    nice info!

    btw, ane pernah denger kalo dari asteroid itu ada basa nitrogen yang ga terdapat di bumi

    basa nitrogen yang di bumi itu kan cuma A,G,T,C (biologi), nah di asteroid itu ada bakteria2 yang basa nitrogennya ga terindentifikasi, dinamain ilmuwan basa nitrogen X.

    ane juga kasih somad dong min hahaha Big Grin

    Fais
    Delapan Addict
    Delapan Addict

    Posts : 201
    Reputation : 5
    Angkatan : 2010
    Subsi : Mesis

    Re: Misteri Punahnya Dinosaurus

    Post by Fais on Fri Mar 05, 2010 10:37 pm

    ini bisa jadi soal IPA terpadu nih, nice info jang !

    Fandy Abdurrachman
    Delapan Addict
    Delapan Addict

    Posts : 137
    Reputation : 5
    Angkatan : 2010

    Re: Misteri Punahnya Dinosaurus

    Post by Fandy Abdurrachman on Fri Mar 05, 2010 10:46 pm

    Lazzue faggers wrote:
    Fandy Abdurrachman wrote:emangnya ada buktinya ya zu kalo bumi pernah ditabrak asteroid?

    Barringer, Arizona, USA

    49.000 tahun lalu batu bintang ukurannya 150 kaki dan berat ± 300.000 ton mengandung nikel dan besi dengan kecepatan 40.000 mil/jam menabrak bumi, hasil dari tabrakan meteor ini dapat dilihat 55 km sebelah timur Flasgaff, Arizona USA dinamakan kawah Barringer. Kawah ini adalah kawah terbaik yang terawetkan hingga sekarang, kekuatan yang dihasilkannya sama dengan letupan TNT 20 juta ton.
    Hasilnya diameter 148 kaki (45 m) dengan kedalaman 175 m, ditemukan oleh Daniel Barringer pada tahun 1902 untuk pertambangan, sampai dengan hari ini kawah tersebut masih milik keluarga Barringer. Disebut juga Meteor Crater, Coon Butte dan Canyon Diablo.

    Chicxulub, Mexico

    Dikuburkan di bawah Semenanjung Yucatán di Meksiko, di dekat desa Chicxulub (yang berarti “ekor dari setan”), ini adalah kawah kuno dengan dampak yang paling besar dengan diameter 107 km. Tabrakan terjadi kira-kira 65 juta tahun yang lalu ketika sebuah komet atau asteroid seukuran sebuah kota kecil menghantam (setara dengan 100 teraton TNT) di bumi dan menyebabkan tsunami, gempa bumi dan letusan gunung berapi di seluruh dunia.

    Tuhan masih mengasihi umat-Nya walau perusakan di muka bumi ini masih terus terjadi. Bila Tuhan sudah murka, mungkin tabrakan tersebut dapat terjadi pada zaman manusia modern sekarang. Maka sebaiknya kita terus berusaha menjaga kelestarian bumi kita bersama ini.


    masih banyak lagi, diatas yang paling terkenal...
    bisa diterima jang... thx infonya ya

    rustine
    New In Delapan
    New In Delapan

    Posts : 22
    Reputation : 0
    Angkatan : 2010
    Subsi : PMR, Pramuka

    Re: Misteri Punahnya Dinosaurus

    Post by rustine on Sat Mar 06, 2010 11:38 am

    wah, nice info nih zu!

    salut buat lazzue Cool

    a-tank11
    Delapan Addict
    Delapan Addict

    Posts : 214
    Reputation : 0
    Angkatan : 2010
    Subsi : Mesis wal Rohis

    Re: Misteri Punahnya Dinosaurus

    Post by a-tank11 on Sat Mar 06, 2010 12:25 pm

    widiih, infonya ilmiah, keren nih
    teruskan jang!

    don pagalo
    New In Delapan
    New In Delapan

    Posts : 45
    Reputation : 1
    Angkatan : 2010
    Subsi : kesenian

    Re: Misteri Punahnya Dinosaurus

    Post by don pagalo on Sat Mar 06, 2010 5:51 pm

    Lazzue faggers wrote:
    Fandy Abdurrachman wrote:emangnya ada buktinya ya zu kalo bumi pernah ditabrak asteroid?

    Barringer, Arizona, USA

    49.000 tahun lalu batu bintang ukurannya 150 kaki dan berat ± 300.000 ton mengandung nikel dan besi dengan kecepatan 40.000 mil/jam menabrak bumi, hasil dari tabrakan meteor ini dapat dilihat 55 km sebelah timur Flasgaff, Arizona USA dinamakan kawah Barringer. Kawah ini adalah kawah terbaik yang terawetkan hingga sekarang, kekuatan yang dihasilkannya sama dengan letupan TNT 20 juta ton.
    Hasilnya diameter 148 kaki (45 m) dengan kedalaman 175 m, ditemukan oleh Daniel Barringer pada tahun 1902 untuk pertambangan, sampai dengan hari ini kawah tersebut masih milik keluarga Barringer. Disebut juga Meteor Crater, Coon Butte dan Canyon Diablo.

    Chicxulub, Mexico

    Dikuburkan di bawah Semenanjung Yucatán di Meksiko, di dekat desa Chicxulub (yang berarti “ekor dari setan”), ini adalah kawah kuno dengan dampak yang paling besar dengan diameter 107 km. Tabrakan terjadi kira-kira 65 juta tahun yang lalu ketika sebuah komet atau asteroid seukuran sebuah kota kecil menghantam (setara dengan 100 teraton TNT) di bumi dan menyebabkan tsunami, gempa bumi dan letusan gunung berapi di seluruh dunia.

    Tuhan masih mengasihi umat-Nya walau perusakan di muka bumi ini masih terus terjadi. Bila Tuhan sudah murka, mungkin tabrakan tersebut dapat terjadi pada zaman manusia modern sekarang. Maka sebaiknya kita terus berusaha menjaga kelestarian bumi kita bersama ini.


    masih banyak lagi, diatas yang paling terkenal...


    lah terus asteroidnya mana zu ?kan itu cuma bekasnya doang
    masa asteroidnya balik lagi haha

    Lazzue faggers
    Moderator
    Moderator

    Posts : 483
    Reputation : 8
    Angkatan : 2010
    Subsi : Pramuka & Rohis

    Re: Misteri Punahnya Dinosaurus

    Post by Lazzue faggers on Sat Mar 06, 2010 5:54 pm

    asteroidnya kan kebakar to

    atau asteroidnya jadi kera sakti ya? haha ga tau juga tuh

    paribo
    Delapan Addict
    Delapan Addict

    Posts : 196
    Reputation : 34
    Angkatan : 2010

    Re: Misteri Punahnya Dinosaurus

    Post by paribo on Sat Mar 06, 2010 5:58 pm

    astragoldie wrote:nice info!

    btw, ane pernah denger kalo dari asteroid itu ada basa nitrogen yang ga terdapat di bumi

    basa nitrogen yang di bumi itu kan cuma A,G,T,C (biologi), nah di asteroid itu ada bakteria2 yang basa nitrogennya ga terindentifikasi, dinamain ilmuwan basa nitrogen X.

    ane juga kasih somad dong min hahaha Big Grin

    lanjutin dong tra, penjelasan ttg basa nitrogen x. Kayanya menarik nih

    don pagalo
    New In Delapan
    New In Delapan

    Posts : 45
    Reputation : 1
    Angkatan : 2010
    Subsi : kesenian

    Re: Misteri Punahnya Dinosaurus

    Post by don pagalo on Sat Mar 06, 2010 6:00 pm

    kalo kebakar duluan berarti ga ninggalin bekas dong?
    lagipula asteroidnya mengandung nikel+besi lagi
    mungkin di jadiin sendok garpu sama ujang somad hahahaha

    Lazzue faggers
    Moderator
    Moderator

    Posts : 483
    Reputation : 8
    Angkatan : 2010
    Subsi : Pramuka & Rohis

    Re: Misteri Punahnya Dinosaurus

    Post by Lazzue faggers on Sat Mar 06, 2010 6:05 pm

    nah perkiraan lo yang kedua bener bgt tuh, ga heran somad enak gara2 ada zat zat besi dari langit hahah udah mulai oot dah ini haha

    mungkin gini, kan kebakar terus saat udah sampai di bumi asteroid itu hancur menyebar gitu, kan daerah sekitar situ susunan batuan tanah dan pasirnya juga beda dari sekitarnya menandakan bahwa itu serpihan2 batuan asteroid yang jatuh..

    don pagalo
    New In Delapan
    New In Delapan

    Posts : 45
    Reputation : 1
    Angkatan : 2010
    Subsi : kesenian

    Re: Misteri Punahnya Dinosaurus

    Post by don pagalo on Sat Mar 06, 2010 6:15 pm

    Lazzue faggers wrote:nah perkiraan lo yang kedua bener bgt tuh, ga heran somad enak gara2 ada zat zat besi dari langit hahah udah mulai oot dah ini haha

    mungkin gini, kan kebakar terus saat udah sampai di bumi asteroid itu hancur menyebar gitu, kan daerah sekitar situ susunan batuan tanah dan pasirnya juga beda dari sekitarnya menandakan bahwa itu serpihan2 batuan asteroid yang jatuh..

    bisa di terima zu hahaha mantep tuh buat jadi daerah tambang besi, kandungannya dari luar bumi lagi
    salut buat lazu Rock

    Fais
    Delapan Addict
    Delapan Addict

    Posts : 201
    Reputation : 5
    Angkatan : 2010
    Subsi : Mesis

    Re: Misteri Punahnya Dinosaurus

    Post by Fais on Sun Mar 07, 2010 6:29 pm

    apa semua populasi dinosaurus punah pas asteroid itu jatoh ? kasian juga ya, padahal ane pengen ngerasain naik dinosaurus hahaha

    brilliantysd
    New In Delapan
    New In Delapan

    Posts : 37
    Reputation : 0
    Angkatan : 2010
    Subsi : Pramuka

    Re: Misteri Punahnya Dinosaurus

    Post by brilliantysd on Sun Mar 07, 2010 9:20 pm

    wiw keren! gue suka deh sama thread ginian, thanks zu Rock

    don pagalo
    New In Delapan
    New In Delapan

    Posts : 45
    Reputation : 1
    Angkatan : 2010
    Subsi : kesenian

    Re: Misteri Punahnya Dinosaurus

    Post by don pagalo on Sun Mar 07, 2010 9:58 pm

    Fais wrote:apa semua populasi dinosaurus punah pas asteroid itu jatoh ? kasian juga ya, padahal ane pengen ngerasain naik dinosaurus hahaha

    hahaha minta gendong sama ujang paint it black aja hahaha
    piss gor

    Irlie
    Delapan Addict
    Delapan Addict

    Posts : 196
    Reputation : 8
    Angkatan : 2010
    Subsi : ?

    Re: Misteri Punahnya Dinosaurus

    Post by Irlie on Sun Mar 07, 2010 11:11 pm

    Sebenarnya nothing special about dinosaur sih,gede doang aje jadinya keliatan keren..tapi teori konspirasinya menyebutkan bawa badan dinosaurus itu sebenarnya ga seperti yg kita liat di film Jurrasic Park ato liat di internet2..

    Katanya,itu hasil rekayasa para peneliti buat nyusunnya..jadi mungkin aja T-rex yg legendaris jalannya kyk komodo..

    Btw,untung aje dinosaurus dah punah,kalo masih ada, mo jadi apaan kite..Oh iya,pendapat gue nih ya 1jt taun lg jg kalo manusia masih ada dan menemukan fosil komodo,pasti disebut dinosaurus.ato kalo nemu tulangnya afi,disebut afisaurus hahahaha canda fi

    akbara
    Delapan Addict
    Delapan Addict

    Posts : 173
    Reputation : 4
    Angkatan : 2010
    Subsi : Puapala

    Re: Misteri Punahnya Dinosaurus

    Post by akbara on Mon Mar 08, 2010 9:34 pm

    emang ya semua itu udah di atur sama Allah. sekarang gini jang, bener yang irlie bilang, kalo aja ga ada asteroid yang jatuh maka dengan kata lain ga akan ada perubahan musim global yang tadinya panas ke dingin. ga akan ada dinosaurus yang punah. bayangkan kita hidup dengan mereka. sigh, ga kebayang deh.

    tapi, yg ane ga habis pikir. kenapa asteroid yang sebesar itu jatuh pas saat yang sangat tepat. coba aja jatuh nya saat" sekarang, apa jadinya kita ? padahal kan asteroid itu jumlahnya jutaan di luar sana ya

    Scarface
    Anak Delapan
    Anak Delapan

    Posts : 57
    Reputation : 1
    Subsi : OLAHRAGA

    Re: Misteri Punahnya Dinosaurus

    Post by Scarface on Mon Mar 08, 2010 9:38 pm

    wallahualam aja deh ye

    Lazzue faggers
    Moderator
    Moderator

    Posts : 483
    Reputation : 8
    Angkatan : 2010
    Subsi : Pramuka & Rohis

    Re: Misteri Punahnya Dinosaurus

    Post by Lazzue faggers on Mon Mar 08, 2010 11:51 pm

    Scarface wrote:wallahualam aja deh ye

    bisa aja nge-junk nya hahaha peace

    bener tuh kata irlie, warna gerak gerik dan cara hidup dinosaurus yang pasti sampai sekarang belom ada yang tahu. masih misteri, cuma teori. tapi memang fosil dinosaurus yang ditemukan itu adalah asli.

    trus kalo ga salah nabi adam turun setelah dinosaurus tercipta kan?
    dan tahu ga? kalau nabi adam itu super gede bgt, tau ga? jadi memang makhluk2 zaman dulu itu besar2 jadi dnosaurus bukan ancaman bagi nabi adam dan manusia masa itu..

    Sponsored content

    Re: Misteri Punahnya Dinosaurus

    Post by Sponsored content Today at 10:39 pm


      Current date/time is Sat Dec 03, 2016 10:39 pm