The Largest 8 Community

SMAN 8 Jakarta Forum, Don't Forget To Check Our Chatbox & Portal


    Kekakuan Mayat | Buat yang mau jadi detektif

    Share

    Ankev
    Super Moderator
    Super Moderator

    Posts : 527
    Reputation : 18
    Angkatan : 2010

    Kekakuan Mayat | Buat yang mau jadi detektif

    Post by Ankev on Tue Mar 16, 2010 9:03 pm

    ===================================================================================
    hm...... pasti pernah dong denger kata2 kaya gini......

    "waktu kematian korban diperkirakan sekitar blablabla....."

    nah pernah nanya gak gimana sih kita dapet perkiraan waktu itu.....kan biasanya tiba2 dikasih deh waktu kematian korban, klo ga ada kata2 kayak gini
    "dilihat dari kekakuan mayat...."

    nah tau gak sih gimana carana ato ngitung waktu kematian korban????
    kebetulan kemaren kemaren sempet ngobrol ma temen gw, lullusan FKU UNPAD yang sekarang ngambil bidang forensik(banyak ilmu sebnernya yang pengen gw tanyain, cuman baru sempet nanya yang ni doang)

    cara nentuin kematian korban itu ada 2 cara.....
    pertama dilihat dari kekakuan mayat gimana caranya??

    sebuah*ato seorang ya?*mayat setelah kematiannya akan engalami kekakuan yang berurutan dari bagian badan atas ke bagian bawah tubuh....

    -1-2 jam pertama terjadi kekakuan di wliayah bagian atas(kepala dan leher)
    -3-4 jam selanjutnya terjadi kekakuan di sekitar bagian tengah tubuh(tangan dan badan, sampe perut)
    -4-6 jam kekakuan sampai pada bagian bawah badan(perut ke bawah)
    dan setelah lewat 6jam, kekakuan tubuh hilang, itu artinya bila mayat yang telah mati lebih dari 6 jam gak bakal bisa diketahui waktu kematiannya lagi pake cara ini.... maka kita lihat pake cara kedua....

    -dilihat dari suhu tubuh mayat.....
    sebenernya kata temen gw.... ada beberapa teori tentang cara ngitung kematian pake cara ini......
    tapi berhubung, klo terlalu banyak ribet(di juga agak lupa soalnya) jadi yang dikasih 1 aja yang simple.....

    menurut teorinya...."suhu tubuh manusia berkurang sebanyak 1 derajat Celcius tiap 1 jam......" jadi tinggal dihitung, suhu mayat berapa, dan suhu manusia normal berapa....(ini cuman 1 teori, jadi masih bisa dibandingin ma teori laen yang ngitungnya berapa lama waktu yang dibutuhin mayat buat mencape suhu ruangan(yang ini agak lupa.....gwnya.... sorry)

    jadi cara kedua dipake klo kekakuan mayat dah mulai ilang.........
    ===================================================================================

    kalo bermanfaat, boleh dong somadnya..


    Last edited by Ankev on Tue Mar 16, 2010 9:18 pm; edited 1 time in total

    astrorasta
    Delapan Geek
    Delapan Geek

    Posts : 454
    Reputation : 7
    Angkatan : 2010
    Subsi : Kemasyarakatan

    Re: Kekakuan Mayat | Buat yang mau jadi detektif

    Post by astrorasta on Tue Mar 16, 2010 9:13 pm

    nice info jang, sayang somad ane dah kepake

    hauranabila
    New In Delapan
    New In Delapan

    Posts : 42
    Reputation : 4
    Angkatan : 2011
    Subsi : Kesenian

    Re: Kekakuan Mayat | Buat yang mau jadi detektif

    Post by hauranabila on Tue Mar 16, 2010 9:16 pm

    wow nice share, update dong kapan-kapan jang hehe penasaran jadinya

    fiza
    Moderator
    Moderator

    Posts : 304
    Reputation : 38
    Angkatan : 2010
    Subsi : Teksound,25 , Pramuka

    Re: Kekakuan Mayat | Buat yang mau jadi detektif

    Post by fiza on Tue Mar 16, 2010 10:55 pm

    hmm, bener juga yah, kirain itu dari suhu doang, rupanya dari kekauan juga

    Darkdoctrine
    Delapan Addict
    Delapan Addict

    Posts : 167
    Reputation : 4
    Angkatan : 2010
    Subsi : Teksound

    Re: Kekakuan Mayat | Buat yang mau jadi detektif

    Post by Darkdoctrine on Fri Mar 19, 2010 1:43 pm

    nice share kev

    sayang belum bisa kasih somad Cry

    Sponsored content

    Re: Kekakuan Mayat | Buat yang mau jadi detektif

    Post by Sponsored content Today at 11:34 pm


      Current date/time is Mon Dec 05, 2016 11:34 pm