The Largest 8 Community

SMAN 8 Jakarta Forum, Don't Forget To Check Our Chatbox & Portal


    Soal susah 01

    Share

    Ankev
    Super Moderator
    Super Moderator

    Posts : 527
    Reputation : 18
    Angkatan : 2010

    Soal susah 01

    Post by Ankev on Tue Mar 16, 2010 9:14 pm

    1. Pertanyaan pertama dengan jawaban (B) adalah pertanyaan :
    (A) 1
    (B) 2
    (C) 3
    (D) 4
    (E) 5

    2. Hanya ada 2 pertanyaan berurutan dengan jawaban yang sama yaitu pertanyaan :
    (A) 6 dan 7
    (B) 7 dan 8
    (C) 8 dan 9
    (D) 9 dan 10
    (E) 10 dan 11

    3. Jumlah pertanyaan dengan jawaban E adalah :
    (A) 0
    (B) 1
    (C) 2
    (D) 3
    (E) 4

    4. Jumlah pertanyaan dengan jawaban A adalah :
    (A) 4
    (B) 5
    (C) 6
    (D) 7
    (E) 8

    5. Jawaban pertanyaan ini sama dengan jawaban pertanyaan :
    (A) 1
    (B) 2
    (C) 3
    (D) 4
    (E) 5

    6. Jawaban pertanyaan 17 adalah :
    (A) C
    (B) D
    (C) E
    (D) bukan yang di atas
    (E) semua yang di atas

    7. Secara alfabet, jawaban pertanyaan ini dengan jawaban pertanyaan berikutnya berjarak :
    (A) 4
    (B) 3
    (C) 2
    (D) 1
    (E) 0

    8. Jumlah pertanyaan dengan jawaban berupa vokal adalah :
    (A) 4
    (B) 5
    (C) 6
    (D) 7
    (E) 8

    9. Pertanyaan berikutnya dengan jawaban yang sama dengan jawaban pertanyaan ini adalah :
    (A) 10
    (B) 11
    (C) 12
    (D) 13
    (E) 14

    10. Jawaban pertanyaan 16 adalah :
    (A) D
    (B) A
    (C) E
    (D) B
    (E) C

    11. Jumlah pertanyaan sebelum pertanyaan ini dengan jawaban B adalah :
    (A) 0
    (B) 1
    (C) 2
    (D) 3
    (E) 4

    12. Jumlah pertanyaan dengan jawaban berupa konsonan berupa :
    (A) bilangan genap
    (B) bilangan ganjil
    (C) bilangan kuadrat
    (D) bilangan prima
    (E) bilangan kelipatan 5

    13. Satu-satunya pertanyaan nomor ganjil dengan jawaban A adalah :
    (A) 9
    (B) 11
    (C) 13
    (D) 15
    (E) 17

    14. Jumlah pertanyaan dengan jawaban D adalah :
    (A) 6
    (B) 7
    (C) 8
    (D) 9
    (E) 10

    15. Jawaban pertanyaan 12 adalah :
    (A) A
    (B) B
    (C) C
    (D) D
    (E) E

    16. Jawaban pertanyaan 10 adalah :
    (A) D
    (B) C
    (C) B
    (D) A
    (E) E

    17. Jawaban pertanyaan 6 adalah :
    (A) C
    (B) D
    (C) E
    (D) bukan yang di atas
    (E) semua yang di atas

    18. Jumlah pertanyaan dengan jawaban A sama dengan jumlah pertanyaan dengan jawaban :
    (A) B
    (B) C
    (C) D
    (D) E
    (E) bukan yang di atas

    19. Jawaban untuk pertanyaan ini adalah :
    (A) A
    (B) B
    (C) C
    (D) D
    (E) E

    20. Standardized test is to intelligence as barometer is to
    (A) temperature (only)
    (B) wind-velocity (only)
    (C) latitude (only)
    (D) longitude (only)
    (E) temperature, wind-velocity, latitude, and longitude

    No.20.E
    Yang ditanya adalah apa jawaban yang benar untuk tiap-tiap soal, semacam kunci jawaban!!


    ====================================
    Yang bisa gw kasih rep +3
    ====================================


    Last edited by Ankev on Tue Mar 16, 2010 9:29 pm; edited 2 times in total

    Chandra2010
    Delapan Geek
    Delapan Geek

    Posts : 315
    Reputation : 5
    Angkatan : 2010
    Subsi : Siera

    Re: Soal susah 01

    Post by Chandra2010 on Tue Mar 16, 2010 9:25 pm

    wah, pernah nih ketemu soal kayak gini, selesai satu set.
    tapi..abis usm deh ya. butuh waktu ngerjainnya. baru nemu satu soal tiba2 kambuh malesnya kev. haha

    Ankev
    Super Moderator
    Super Moderator

    Posts : 527
    Reputation : 18
    Angkatan : 2010

    Re: Soal susah 01

    Post by Ankev on Tue Mar 16, 2010 9:29 pm

    gw baru nemu nih.. sedang mengerjakan juga
    iya deh abis usm ditunggu

    brarti alumni dan angkatan bawah nih yang bisa ngerjain skarang..
    silahkan..

    rasyaditya
    Delapan Addict
    Delapan Addict

    Posts : 108
    Reputation : 4
    Angkatan : 2010
    Subsi : Olahraga

    Re: Soal susah 01

    Post by rasyaditya on Tue Mar 16, 2010 9:49 pm

    beuh sadis nih kev (cuman bisa terkagum" tanpa bisa ngerjain) hahaha

    fiza
    Moderator
    Moderator

    Posts : 304
    Reputation : 38
    Angkatan : 2010
    Subsi : Teksound,25 , Pramuka

    Re: Soal susah 01

    Post by fiza on Sun Mar 21, 2010 12:22 pm

    hmm, enak nih, coba ahh

    Ikhsansan
    New In Delapan
    New In Delapan

    Posts : 25
    Reputation : 0
    Angkatan : 2011
    Subsi : Teksound, Rohis

    Re: Soal susah 01

    Post by Ikhsansan on Mon Mar 22, 2010 11:12 am

    wih kyk soal seleksi osn komputer kemaren nih Big Grin
    kerjain ah, semangat ya yang un!

    Ikhsansan
    New In Delapan
    New In Delapan

    Posts : 25
    Reputation : 0
    Angkatan : 2011
    Subsi : Teksound, Rohis

    Re: Soal susah 01

    Post by Ikhsansan on Thu Mar 25, 2010 12:15 am

    eh gw nemu loh jang,

    Spoiler:
    DADBE DDEDA BADBA DBABE

    cek ya, nemu sendiri tuh seharian ngitung (ga seharian juga sih) -besok gw post kertas coret2an gw kalo perlu-
    ts kalo bener kasi rep nya ya hehe, ditunggu. semangat un nya!

    a_zaky
    New In Delapan
    New In Delapan

    Posts : 1
    Reputation : 0
    Angkatan : 2012
    Subsi : Teksound, Rohis

    Re: Soal susah 01

    Post by a_zaky on Thu Mar 25, 2010 9:02 pm

    Spoiler:
    Pertama-tama, kerjain pertanyaan yang obvius.
    no. 20 jelas E (udah dikasih tau)
    no. 10 harus A, sama no. 16 harus D.

    Perhatikan no. 2. "Hanya ada 2 pertanyaan berurutan dengan jawaban yang sama", dan pilihannya cuma dari no. 6 sampai 11. jadi selain itu, jawaban 2 pertanyaan berurutan harus beda *). Jadi, no. 19 ngga boleh E; no. 15 sama 17 ngga boleh D.

    Lihat no. 17. kalo no. 17 A, berarti no. 6 C, berarti no. 17 D. kontradiksi. kalo no. 17 B, no. 6 D, masih boleh. Kalo no. 17 C, no. 6 E yang jelas ngga mungkin. sama kalo no. 17 E. Jadi no. 17 B, dan no. 6 D.
    Berdasarkan *), no. 18 ngga boleh B, dan no. 5 ngga boleh D.

    Perhatikan no. 1. Kalo no. 1 A, kontradiksi dengan pertanyaan pertama dengan jawaban B adalah no. 1. kalo no. 1 B, kontradiksi lagi dengan pertanyaan pertama dengan jawaban B adalah no. 2, padahal no. 1 B. Jadi no. 2 ngga mungkin B. Kalo no. 1 E, berarti no. 5 B, yang akibatnya no. 2 B. kontradiksi lagi. Jadi no. 5 ngga mungkin B. Jadi kemungkinan untuk no.1 cuma C atau D.

    Lihat no. 5. Kalo no. 5 A, maka no. 1 A, yang jelas ngga mungkin. Jadi no. 5 ngga mungkin A.

    Lihat no. 3. Karena no. 20 udah E, jelas no. 3 ngga mungkin A.

    Lihat no. 11. Pertanyaan no. 1 memberi tahu bahwa salah satu dari no. 3 atau 4 harus B, yang berarti no. 11 ngga mungkin A. Akibatnya, no. 2 bukan E.

    Lihat no. 13. karena no. 11 ngga mungkin A, jadi no. 13 jawabannya bukan B. "Satu-satunya pertanyaan nomor ganjil dengan jawaban A adalah" dan pilihannya cuma 9, 13, 15, 17. Berarti, untuk no. ganjil selain itu, jawabannya bukan A. Abis itu, jelas no. 13 ngga mungkin C, karena kontradiksi dengan no. 13 harus A. Begitu juga kalo no. 13 A, kontradiksi dengan satu-satunya nomor ganjil yang jawabannya A adalah no. 9, padahal no. 13 itu sendiri A. Jadi, kemungkinan untuk no. 13 tinggal D atau E. Tapi, no. 17 itu sendiri jawabannya B. Jadi haruslah no. 13 D, yang akibatnya no. 15 jawabannya A, yang akibatnya no. 12 jawabannya A.

    Karena *), no. 14 ngga boleh D atau A.

    Perhatikan no. 12 sama no. 8. Karena jumlah pertanyaan dengan jawaban berupa konsonan adalah bilangan genap, maka jumlah pertanyaan dengan jawaban berupa vokal ada 20 - bilangan genap = bilangan genap juga. Jadi, kemungkinan untuk no. 8 adalah A, C, atau E.

    Perhatikan no. 9. Kalo no. 9 jawabannya B, jadi no. 11 juga B. Tapi, no. 9, sama salah satu diantara no. 3 atau 4, jawabannya B. Berarti ada paling nggak ada 2 jawaban B. Kontradiksi lagi dengan jawaban no. 11, yang menyatakan bahwa banyak jawaban B dari 1-10 cuma 1. Jadi, no. 9 nggak mungkin B.

    Perhatikan no. 11. Dari 1-5, jawaban B ada tepat 1(no. 3 atau 4). Dari 6-10, cuma ada satu kemungkinan B, yaitu no. 7(yang lain udah keeliminasi jawaban B-nya). Jadi jawaban no. 11 yang mungkin cuma B atau C.

    Perhatikan no. 9. Kalo no. 9 C, berarti no. 12 C, padahal no. 12 jawabannya udah pasti A. Jadi no. 9 ngga mungkin C.

    Sekarang, kita asumsikan no. 1 C. Berarti no. 3 B, dan karena no. 20 udah E, jadi ngga boleh ada jawaban E lagi. Akibatnya, no. 5 C, yang berarti no. 3 C juga. Kontradiksi! Jadi no. 1 ngga boleh C, dan no. 3 ngga boleh B. Berarti no. 1 D, yang berarti no. 4 B.

    Perhatikan no. 3, 4, dan 8. Jumlah jawaban A ada 5, dan dari no. 3 kita tahu bahwa jumlah jawaban E minimal 2. Jadi jumlah jawaban vokal minimal 7, dan karena pilihan no. 8 yang mungkin cuma no. 4, 6, atau 8, jadi haruslah no. 8 E, sehingga no. 3 D.

    Dari *), no. 2 ngga boleh D.

    Perhatikan no. 5. Karena no. 3 D, jadi jelas no. 5 ngga boleh C. Akibatnya, no. 5 harus E.
    Perhatikan no. 18. Kita sudah tahu bahwa jumlah jawaban A ada 5 dan jumlah jawaban E ada 3. Jadi no. 18 ngga mungkin D.

    Perhatikan no. 14. Sekarang, ada 5 jawaban D yang sudah pasti, dan ada 4 nomor lain yang mungkin jawabannya D. Jadi maksimal ada 9 nomor yang jawabannya D. Berarti no. 14 ngga mungkin E, yang akibatnya no. 9 ngga mungkin E.

    Perhatikan no. 2. Jawaban no. 8 E, dan kemungkinan jawaban untuk no. 9 adalah A atau D. Jadi no. 2 jawabannya ngga mungkin C. Jadi no. 2 harus A, sehingga no. 7 D. Akibatnya, no. 9 ngga boleh A, yang berarti no. 9 D.

    Perhatikan no. 11. no. 1-10 udah terisi semua, jadi dengan menghitung banyak jawaban B dari 1-10, diperoleh no. 11 B.

    Sekarang, jumlah jawaban A ada 4, dan jumlah jawaban E ada 3. Berarti, tepat 1 nomor lagi harus A, dan ngga boleh ada jawaban E lagi. Berarti no. 18 harus A.

    Dari no. 18, berarti jawaban B harus ada 5. Sekarang, jawaban B udah ada 3, dan nomor yang belum terisi tinggal 2. Haruslah kedua nomor itu, yaitu 14 dan 19, jawabannya B.

    Diperoleh kunci jawaban DADBEDDEDABADBADBABE. Dengan mengecek ke soal, dapat ditunjukkan kunci jawaban tersebut memenuhi.

    Sponsored content

    Re: Soal susah 01

    Post by Sponsored content Today at 8:56 am

      Similar topics

      -

      Current date/time is Sun Dec 04, 2016 8:56 am